Senin, 03 Februari 2014

Apa itu condotel?

     
horison sunset road

    Apa itu condotel? Dari namanya, condotel berasal dari kata condominium hotel. Istilah ini pada dasarnya belum terlalu familiar didalam bahasa sehari-hari masyarakat Indonesia. Wajar saja mengingat perkembangan condotel di Indonesia masihlah belum lama. Condotel pada dasarnya memiliki pengertian yang tidak jauh berbeda dengan apartemen, yaitu bangunan tinggi bertingkat. Hanya saja perbedaannya adalah condotel dioperasikan sebagai hotel sedangkan apartemen tidak. Walaupun dalam perkembangan terakhir telah muncul berbagai service apartemen yang sama-sama memiliki managemen service yang memiliki background sebagai operator hotel, namun tetap saja secara fasilitas dan berbagai service yang ada sangat berbeda, terlebih lagi apabila kita membicarakan sisi legalitas dan keuntungan dari nilai investasinya.
Condotel tidak terlalu dapat dipastikan kapan tepatnya masuk ke Indonesia, karena pada dasarnya hotel di Indonesia sendiri telah cukup lama berkembang. Namun, munculnya berbagai istilah condotel belumlah terlalu lama di Indonesia. Hal ini terjadi sekitar pada tahun 1998. Pada tahun yang sama, ketika Indonesia dilanda krisis ekonomi dan politik, berdiri sebuah badan usaha Tony Eddy & Associates sebagai salah satu konsultan property, terutama untuk investasi condotel. Condotel ini sendiri lebih banyak berkembang di kawasan Bali. Hal ini tidak terlepas dari pertumbuhan property di Bali yang kian hari semakin ramai dan padat. Wajar saja mengingat Bali sendiri menjadi salah tujuan wisata favorit tidak hanya untuk kalangan wisatawan domestic namun juga wisatawan mancanegara.
Tony Eddy & Associates (TeA)sendiri dikenal sebagai salah satu konsultan ternama yang menjadi pencetus berbagai konsep investasi condotel di Bali. Berbagai program investasi condotel yang ditawarkan pun pertama kali muncul dari perusahaan konsultan yang juga tergabung dengan Casablanca realty ini. Sebagai contoh adalah konsep pertama kali profit sharing hingga perkembangan terkini dengan adanya revenue sharing yang telah dianggap lebih baik dari sisi peng-auditan hingga nilai keuntungan untuk para investor, hingga berbagai jenis perhitungan Return of Investment (ROI) untuk condotel tersebut. Jadi apabila anda salah satu yang tertarik untuk mencoba investasi condotel, mengapa tidak berkonsultasi dengan salah satu yang sudah lama terjun di bidang tersebut dan telah banyak dipercaya; Casablanca realty & TeA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.